Sabtu, 18 Juli 2020

Tujuan dan Pengertian Pembangunan Nasional


1. Apa tujuan pembangunan nasional!

Pembangunan nasional adalah serangkaian usaha pembangunan yang berkelanjutan meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara untuk mewujudkan tujuan nasional yang termaksud dalam Pembukaan UUD 1945 alinea IV yaitu,
“melindungi segenap bangsa, dan seluruh tumpah darah Indonesia, mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan social.”
Didalam Program Pembangunan Nasional, tujuan pembangunan adalah Untuk Mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai, berkeadilan, demokratis, berdaya saing, maju, dan sejahtera dalah wadah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) yang tentunya didukung oleh masyarakat Indonesia yang mandiri,sehat, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, disiplin dan mempunyai etos kerja yang tinggi serta mengusai IPTEK (ilmu pengetahuan teknologi)

Adapun tujuan pembangunan nasional di Indonesia secara umum, seperti:
a.      Membangun Sistem Politik yang Demokratis, didasarkan pada prinsip-prinsip demokrasi Pancasila agar dalam perkembangannya, sistem politik di Indonesia tidak melenceng dari ideologi negara yaitu Pancasila serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. 
b.     Mewujudkan Sistem Pemerintahan yang Baik, diperlukan tubuh-tubuh yang kuat akan jiwa pemerintahan dapat menjadi sehat untuk menjalankan tugas dan fungsinya demi memajukan bangsa. Otonomi daerah di Indonesia sebagai salah satu alat pemerintah pusat untuk memaksimalkan peran pemerintah dalam pembangunan. 
c.      Percepatan dan Pemerataan Pembangunan di Berbagai Sektor, guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan meningkatkan daya saing bangsa dalam berbagai aspek dan bidang.
d.     Membangun Kesejahteraan Rakyat, salah satuya dengan melakukan pembangunan terhadap infrastruktur pendidikan, kesehatan, transportasi, ekonomi, dan lain sebagainya. 
e.      Mencerdaskan Bangsa  dan kehidupan bangsa, agar masyarakat Indonesia akan turut berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan pembangunan nasional.


Sumber:

Sari, Nisa Mutia. 2019. “Tujuan Pembangunan Nasional di Indonesia Sesuai UUD 1945”. [link} https://www.liputan6.com/citizen6/read/3877503/tujuan-pembangunan-nasional-di-indonesia-sesuai-uud-1945. Diakses pada taggal 21 April 2020 pukul 08.30 WIB.
Seputar Pengetahuan. 2017. “Pengertian Pembangunan Nasional, Tujuan, Visi Misi, Sasaran, Hakikat”. [link] https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/06/pengertian-pembangunan-nasional-tujuan-visi-misi-sasaran-hakikat.html. Diakses pada taggal 21 April 2020 pukul 08.30 WIB.
Yuliati, Sri Handaru dan Tamjuddin. 2019. “Studi Kelayakan Bisnis”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...