Kamis, 30 Juli 2020

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun eksternal. Jelaskan maksud dari pendanaan sumber internal dan eksternal berikut contohnya.

Benar apa yang telah disampaikan bahwa perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun eksternal. Berikut adalah penjelasan terkait definisi pendanaan sumber internal dan eksternal:

A.    Pendanaan Sumber Internal : Dana yang berasal dari sumber intern adalah dana atau modal yang dibentuk atau dihasilkan sendiri dalam perusahaan. Pendanaan yang berasal dari internal Perusahaan yang terdiri dari laba bersih yang dihasilkan oleh suatu perusahaan yang tidak dibagikan dalam bentuk dividen kepada shareholders, tetapi akan diinvestasikan untuk kebutuhan operasi perusahaan atau untuk investasi lainnya. Saldo laba merupakan akumulasi dari laba yang diperoleh perusahaan sejak perusahaan didirikan, oleh karena itu saldo laba disebut juga sebagai accumulated earnings (Keown et al., 2005).

 

Contohnya

Depresiasi. Depresiasi berguna sebagai dana sementara untuk memenuhi kebutuhan perusahaan,untuk membeli aktiva baru

Laba ditahan/Retained Earning. Besar laba ditahan dipengaruhi oleh dividen. Persentasenya tergantung pada hasil RUPS, apakah laba akan dibagikan seluruhnya menjadi deviden, atau menjadi laba ditahan atau sekian persen deviden dan sekian persen menjadi laba ditahan.

 

 

B.    Pendanaan Sumber Eksternal : sumber dana yang berasal dari luar perusahaan. Pendanaan ini bisa   berasal dari para kreditur dan pemilik perusahaan. Contoh nya :

a.      Supplier. Supplier umumnya memberikan pinjaman dalam bentuk bukan cash. Namun dalam bentuk pemberian kredit dalam transaksi pembelian barang atau persediaan perusahaan. Pinjaman ini biasanya untuk jangka pendek atau kurang dari satu tahun buku. Walaupun ada juga yang jangka menengah dan panjang.

b.     Bank. Bank adalah sasaran utama manajemen keuangan dalam mencari sumber dana bagi perusahaan. Baik untuk jangka pendek, menengah bahkan jangka panjang sekalipun.

c.      Pasar Modal. Didalam pasar modal, perusahaan bisa mencari sumber dana dengan cara menerbitkan obligasi ataupun saham baru (IPO atau right isssu). Obligasi akan menambah hutang perusahaan, dan pernbitan saham baru akan menambah permodalann perusahaan sekaligus mengubah struktur komposisi ekuitas pada neraca perusahaan.  Bergabung dengan pasar modal, perusahaan bisa dengan mudah mendapatkan pendanaan. Dipasar modal sudah siap ribuan kreditor ataupun investor yang akan membeli obligasi, saham ataupun surat berharga yang diterbitkan perusahaan untuk pendanaan mereka. 

 

Contoh sumber keuangan eksternal

dana utang seperti pinjaman, uang muka, simpanan yang diambil, dan dana ekuitas seperti ekuitas dan modal saham preferensi.

Pemberian credit oleh bank

Berbagai cara di atas bisa dilakukan oleh manajer keuangan dalam usaha untuk mendapatkan dana perusahaan,Dengan mendapatkan dana yang dibutuhkan, yang sudah dianggarkan, yang telah direncanakan oleh manajemen keuangan perusahaan. Perusahaan bisa memiliki gerak ruang yang cukup untuk bisa beroperasi, melakukan ekspansi usaha, diversifikasi usaha ataupun hanya untuk sekedar bertahan hidup.

 

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan yang telah disampaikan di atas, kesimpulan yang dapat ditarik adalah:

·       Pendanaan sumber internal adalah pendanaan yang berasal dari sumber intern atau mofal yang dibentuk dan dihasilkan sendiri dalam perusahaan.

·       Contoh Pendanaan Sumber Internal: Depresiasi dan Retained Earning.

·       Pendanaan sumber eksternal adalah pendanaan yang berasal dari luar perusahaan baik dari kreditur maupun pemilik perusahaan.

·       Contoh pendanaan sumber eksternal: dana pinjaman utang dan pemberian credit oleh bank.

Pendanaan yang berasal dari sumber internal maupun eksternal hendaknya dilakukan berdasarkan prioritas. Apabila dana untuk proyek jangka Panjang maka digunakan untuk program dengan prioritas tinggi yang lebih lama, sementara dana-dana jangka pendek akan disesuaikan dengan proyek jangka pendek atau program yang lebih kecil.


Sumber:

Ayu. 2015. “Sumber Dana Perusahaan”. [link] http://ayuetikas.blogspot.com/2015/01/sumber-dana-perusahaan.html. Diakses pada tanggal 23 Mei 2020 pukul 00.45 WIB.

Husnan, Suad. 2019. “Manajemen Keuangan Edisi 3”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nicho. 2017. “Sumber Dana Perusahaan”. [link] http://nichonotes.blogspot.com/2017/10/sumber-dana-perusahaan.html.  Diakses pada tanggal 23 Mei 2020 pukul 00.45 WIB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...