Sabtu, 18 Juli 2020

Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya


1.     Jelaskan yang dimaksud dengan sistem komputer (computer system). Apa komponen-komponennya? Mengapa komponen-komponen tersebut harus ada? Jelaskan?

Sistem Komputer (Computer system) adalah komponen-komponen komputer yang saling berhubungan ataupun berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data sehingga dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan.
Adapun komponen-komponen dari computer system adalah perangkat keras dan perangkat lunak tanpa perangkat lunak, perangkat keras hanya berfungsi sebagai benda metal yang tidak dapat mengerjakan sesuatu. sedangkan tanpa perangkat keras perangkat lunak hanya merupakan kode-kode komputer yang tidak dapat menggerakkan perangkat kerasnya. Oleh karena itu, perangkat keras dan perangkat lunak harus bekerja bersama-sama membentuk suatu sistem yaitu sistem komputer. 
Terdapat tiga komponen utama yang tidak bisa dipisahkan, dan memiliki peran yang mengikat. Ketiga komponen yang dimaksud adalah perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), dan juga manusia/pengguna (Brainware).

Berikut adalah komponen-komponen komputer:
a.     Hardware
Hardware atau perangkat keras merupakan komponen dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba keberadaannya. Perangkat keras (Hardware) ini terdiri atas perangkat input/output, perangkat penyimpanan, perangkat pemroses. Masing-masing perangkat tersebut ialah, keyboard, mouse, monitor, hardisk, RAM, CPU, dan lain-lain. Perangkat-perangkat keras tersebut saling membentuk satu kesatuan sehingga dapat difungsikan.
Alasan komponen hardware harus ada: Apabila tidak ada tidak terdapat perangkat keras dalam sistem komputer, maka tidak akan ada yang dioperasikan.
b.     Software
Software atau perangkat lunak merupakan suatu program yang digunakan dalam komputer berupa intruksi-intruksi (perintah) yang dapat dimengerti oleh komputer. Software inilah yang mengoperasikan perangkat keras yang ada pada komputer. Software utama yang harus ada dalam komputer adalah sistem operasi, baru kemudian sistem operasi tersebut dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi default maupun aplikasi tambahan lainnya jika diperlukan.
Alasan komponen software harus ada: Tanpa adanya software, perangkat keras komputer tidak akan bisa dioperasikan. Dengan adanya software ini, kita dapat meminta komputer untuk melakukan berbagai macam pekerjaan, seperti mengetik, mendengar musik, menonton video, dan lain-lain.
c.      Brainware
Brainware merupakan pemakai atau pengguna komputer, dengan kata lain adalah orang yang mengoperasikan perangkat keras komputer melalui software yang ada di komputer tersebut.
Alasan komponen brainware harus ada: Secanggih apapun komputer, jika tidak ada pengguna yang mengoperasikan (barinware), maka keberadaan komputer tersebut sama saja sia-sia. Karena komputer tersebut tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dioperasikan oleh pemakainya.


Sumber:

Lisam, Bibi. 2019. “Apa Itu Perangkat Lunak Aplikasi? Berikut Penjelasan, Pembagian Jenis Beserta Contohnya”. [link] http://www.podfeeder.com/teknologi/apa-itu-perangkat-lunak-aplikasi-berikut-penjelasan-pembagian-jenis-beserta-contohnya/. Diakses pada tanggal 25 April 2020 pukul 07.50 WIB
Sora. 2016. “Pengertian Sistem Komputer Dan Komponennya Terlengkap”. [link] http://www.pengertianku.net/2016/12/pengertian-sistem-komputer-dan-komponennya.html. Diakses pada tanggal 25 April 2020 pukul 07.50 WIB
Jogiyanto. 2019. “Sistem Informasi Manajemen”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...