Senin, 20 Juli 2020

Risiko Eksternal dalam Rantai Pasok dan Contoh Kasusnya

Ancaman dan risiko keamanan merupakan isu global di dalam rantai pasok. Kedua hal berikut bisa masuk dari berbagai jalur baik internal maupun eksternal, untuk itu diperlukan ketelitian dalam penyaringan personil maupun pihak yang terlibat. Berikut adalah Risiko Eksternal dan Contoh Kasusnya:


a.     Risiko Eksternal
Risiko yang datang dari lingkungan luar rantai pasok dan berada di luar kendali manajemen, seperti kejadian bencana alam, perang, kerusuhan, permasalahan dengan mitra dagang dan lain sebagainya. Dalam mengatasi risiko ini, manajer tidak dapat menghilangkan keberadaan risiko tetapi mendesain suatu kondisi yang dapat meminimalkan dampak dari resiko tersebut.

Contoh kasus: Salah satu wilayah di Amerika Serikat yang sering terjadi badai sepanjang tahun. Manajer tidak dapat menghilangkan risiko terjadinya badai tersebut, tetapi dapat meminimalisir risikonya dengan cara membangun gedung yang tahan terhadap badai, menutup gedung perkantoran selama badai terjadi, maupun memindahkan lokasi gedung ke tempat yang lebih aman.

Risiko eksternal dapat berupa:
1)     Gempa bumi,
2)     Angin topan,
3)     Serangan teroris,
4)     Perang,
5)     Bencana penyakit,
6)     Kenaikan harga,
7)     Permasalahan yang dihadapi mitra usaha,
8)     Kekurangan pasokan bahan baku,
9)     Krisis keuangan dan ekonomi makro, dan lain-lain.
Strategi pengelolaan risiko eksternal yang paling sesuai adalah mitigasi risiko dengan meminimalkan risiko yang mungkin terjadi setelah operasional berjalan. Contoh langkah-langkah meminimalkan risiko:
1)     Antisipasi sejak dini dengan melakukan transfer risiko, yaitu mengasuransikan portofolio bisnis yang sedang berjalan
2)     Memeriksa kembali target dan sasaran perusahaan secara realistis guna melakukan efisiensi sumber dana perusahaan
3)     Melakukan negosiasi ulang terhadap pihak kreditur untuk cicilan pembayaran hutang jangka menengah dan jangka panjang.


Sumber:

Subrata, Agus. 2019. “RISIKO EKTERNAL DAN INTERNAL PERUSAHAAN”. [link] https://icopi.or.id/risiko-ekternal-dan-internal-perusahaan/. Diakses pada tanggal 07 Mei 2020 pukul 22.44 WIB.
Guritno, Adi Djoko dan Meirani Harsasi. 2019. “Manajemen Rantai Pasokan”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Zaroni. 2018. “Supply Chain Risk (Bagian 1 dari 3 tulisan)”. [link] https://supplychainindonesia.com/supply-chain-risk-bagian-1-dari-3-tulisan/. Diakses pada tanggal 07 Mei 2020 pukul 22.44 WIB.

1 komentar:

  1. nama saya fajar. saya tinggal di bedono di jawa tengah saya berada dalam masalah keuangan yang sangat kronis dan situasi kesehatan terminal beberapa minggu yang lalu. setelah semua pencarian saya untuk bantuan dari teman dan tetangga terbukti gagal, saya merasa tidak ada orang yang benar-benar peduli. saya menjadi sangat lelah karena kurangnya dana untuk mengembangkan bisnis saya dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan karena kurangnya perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan. suatu pagi yang setia saya melihat seorang teman lama mendiang suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya alami dan dia berkata satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke petugas pinjaman yang baik di AS yang juga membantunya, dia menjelaskan kepada saya tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh petugas pinjaman ini (mr pedro yang memberinya pinjaman 7.000.000 usd dengan tarif terjangkau 2. dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman sah yang dia temukan secara online. dia memberi saya email mereka & begitulah cara saya melamar dan juga diberikan pinjaman dan hidup saya berubah untuk selamanya hubungi satu-satunya pemberi pinjaman asli mr pedro melalui email / whatsapp +18632310632 pedroloanss@gmail.com untuk menyelesaikan kekacauan keuangan Anda.

    BalasHapus

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...