Senin, 20 Juli 2020

Pengertian Risiko Internal dalam Rantai Pasok dan Contoh Kasusnya

Pengertian Risiko Internal dan Contoh Kasusnya

Ancaman dan risiko keamanan merupakan isu global di dalam rantai pasok. Kedua hal berikut bisa masuk dari berbagai jalur baik internal maupun eksternal, untuk itu diperlukan ketelitian dalam penyaringan personil maupun pihak yang terlibat. Berikut adalah Risiko Internal dan Contoh Kasusnya:



a.     Risiko Internal
Risiko yang umum terjadi pada kegiatan operasional perusahaan, misalnya keterlambatan pengiriman, kekurangan stok barang, risiko finansial, dan lain sebagainya.

Contoh kasus: Risiko keterlambatan pengiriman barang dari supplier, maka salah satu solusinya adalah dengan multisourcing, yaitu penyediaan produk yang sama dari supplier lain, sehingga perusahaan memiliki cadangan supply meskipun salah satu supplier mengalami gangguan. Selain itu, resiko aliran material dapat berkurang dengan adanya penyimpanan cadangan di sepanjang rantai pasok sehingga manajer memiliki backup inventory  apabila terjadi variasi dalam aliran material.

Risiko internal dapat berupa:
1)     Keterlambatan pengangkutan,
2)     Keterlambatan pengantaran barang,
3)     Kelebihan stok,
4)     Peramalan yang buruk,
5)     Risiko keuangan,
6)     Kecelakaan minor,
7)     Human error,
8)     Kegagalan sistem ICT, dan lain-lain.
Strategi pengelolaan risiko internal yang paling sesuai adalah mitigasi risiko, yaitu meminimalkan risiko yang mungkin terjadi dengan cara :
1)     Mendisiplinkan penggunaan anggaran yang ditetapkan sesuai RKAP serta kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan.
2)     Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan bimbingan secara rutin terhadap bisnis yang sedang berjalan, bisnis baru dan KSO,  agar dapat mencapai target dan sasaran yang ditetapkan.


Sumber:

Subrata, Agus. 2019. “RISIKO EKTERNAL DAN INTERNAL PERUSAHAAN”. [link] https://icopi.or.id/risiko-ekternal-dan-internal-perusahaan/. Diakses pada tanggal 07 Mei 2020 pukul 22.44 WIB.
Guritno, Adi Djoko dan Meirani Harsasi. 2019. “Manajemen Rantai Pasokan”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Zaroni. 2018. “Supply Chain Risk (Bagian 1 dari 3 tulisan)”. [link] https://supplychainindonesia.com/supply-chain-risk-bagian-1-dari-3-tulisan/. Diakses pada tanggal 07 Mei 2020 pukul 22.44 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...