Senin, 20 Juli 2020

Pengertian Pasar Modal yang Efisien dan Alasan Pasar Modal Efisien


1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan pasar modal yang efisien dan mengapa pasar modal efisien?

Definisi Pasar Modal Efisien

Pasar modal yang efisien didefinisikan sebagai pasar dimana harga sekuritasnya telah mencerminkan semua informasi yang relevan. Seperti diketahui, harga sekuritas sangat dipengaruhi oleh informasi tentang kondisi-kondisi yang terjadi dalam perekonomian. Segala perubahan yang terjadi akan tercermin dari harga sekuritas di bursa efek.
Singkatnya, semakin cepat informasi atau update tersebut tercermin melalui harga sekuritas alias surat-surat berharga, maka semakin efisien suatu pasar. Dengan demikian akan sangat sulit atau bahkan hampir tidak mungkin bagi para pemodal untuk memperoleh tingkat keuntungan di atas normal secara konsisten dengan melakukan transaksi perdagangan di bursa efek. Efisiensi dalam artian ini sering juga disebut sebagai efisiensi internasional. Dalam pasar modal yang efisien, 

perubahan harga saham mengikuti pola random walk. Seperti penemuan ide-ide besar lainnya, konsep dasar pasar modal yang efisien merupakan produk sampingan penemuan yang kebetulan. Perubahan harga diwaktu yang lalu tidak bisa dipergunakan untuk memperkirakan perubahan harga di masa yang akan dating. Taksiran terbaik harga besok pagi adalah harga hari ini.
Pasar modal efisien terbagi menjadi tiga tingkat, yaitu (Pandji, Piji, 2001:85):
1. Pasar efisien bentuk lemah (weakform), pasar modal dimana harga saham sekarang merefleksikan semua informasi historis (seperti harga dan volume perdagangan dimasa lalu).
2. Pasar efisien bentuk setengah kuat (semi strong), pasar dimana harga saham pada pasar modal menggambarkan semua informasi yang dipublikasikan (seperti earning, deviden, pengumuman stock split, penerbitan saham baru dan kesulitan keuangan yang dialami perusahaan) sampai ke masyarakat keuangan.
3. Pasar efisien bentuk kuat (strong form), memiliki tingkat efisien pasar yang tertinggi (konsep pasar yang tertinggi), sehingga dalam pasar bentuk ini tidak akan ada seorang investorpun yang bisa memperoleh abnormal return. Private Information adalah informasi yang hanya diketahui oleh orang dalam dan bersifat rahasia karena alasan strategi.

Kesimpulan: Pasar Modal dapat dikatakan efisien apabila angka pada sekuritas terbuka dan dapat memberi informasi yang lengkap dan mendasar serta sedetil mungkin. Namun, pada kenyataannya pasar modal tidak selalu efisien, dan menurut para ahli keuangan bahwa pasar pada umumnya efisien dalam jangka panjang.

Alasan Pasar Modal Menjadi Efisien
Pasar modal menjadi efisien karena persaingan antar para analis investasi akan membuat pasar sekuritas setiap saat menunjukkan harga yang sebenarnya. Nilai sebenarnya tidak lain adalah harga keseimbangan yang mencerminkan semua informasi yang tersedia bagi para investor pada suatu titik waktu tertentu. Apabila harga-harga selalu mencerminkan semua informasi yang relevan, maka harga-harga tersebut baru berubah apabila informasi baru muncul. 
Banyak para analis yang mempelajari bisnis perusahaan dan mencoba membuka informasi tentang protabilitas yang akan meberikan informasi baru terhadap harga saham. Para peneliti disebut sebagai fundamental analysts. Persaingan diantara para peneliti fundamental ini akan cendrung untuk membuat harga mencerminkan semua informasi yang relevan dan perubahan harga tidak bisa di ramalkan. Analisis lain hanya mempelajari catatan harga  dimasa yang lalu dan mencari siklus siklus tertentu dari perubahan harga  diwaktu yang lalu itu analis analis semacam ini disebut sebagai technical analysts. Persaingan dalam penelitan teknis akan cenderung membuat harga saat ini mencerminkan semua informasi dalam urutan diwaktu yang lalu dan bahwa perubahan harga tidak bisa diperkirakan dari harga di waktu yang lalu.
Kesimpulan: Pasar modal efisien menjadi efisien dikarenakan semua informasi direfleksikan dalam harga saham baik informasi yang dipublikasikan maupun informasi yang tidak dipublikasikan (private information, hal ini dipengaruhi oleh persaingan antar para analis investasi karena akan cenderung direfleksikan dalam harga saham
.

Sumber:
Good Materialku. 2016. “Pasar Modal yang Efisien”. [link] https://goodmaterialku.blogspot.com/2016/06/pasar-modal-yang-efisien.html. Diakses pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 12.05 WIB.
Husnan, Suad. 2019. “Manajemen Keuangan Edisi 3”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Mredmun. 2017. “Pasar Modal Efisien”. [link] http://mredmun.blogspot.com/2017/06/pasar-modal-efisien.html. iakses pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 11.45 WIB.
Wadiyo. 2019. “3 Bentuk Pasar Modal yang Mempengaruhi Harga Saham, Mana yang Terbaik?”. [link] https://manajemenkeuangan.net/bagaimana-efisiensi-pasar-modal-mempengaruhi-harga-saham/. Diakses pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 12.05 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...