Senin, 20 Juli 2020

Manfaat Anggaran Statis dalam Penilaian Kinerja Seorang Manajer

1.     Jelaskan dengan singkat kegunaan anggaran statis dalam penilaian kinerja seorang manajer?

Anggaran statis merupakan gambaran dari tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Misalnya, perusahaan menargetkan untuk memproduksi tas selempang sebanyak 300 unit. Nyatanya, perusahaan mampu memproduksi 400 unit. Ini membuktikan bahwa manajer produksi mampu memanfaatkan kapasitas menganggur semaksimal mungkin karena dengan prediksi kapasitas yang sama, tingkat produksi melebihi dari yang direncanakan.

Anggaran statis dapat digunakan untuk menilai efisiensi dari seorang manajer. Dengan anggaran statis kita dapat mengetahui apakah seorang manajer telah mencapai targetnya karena anggaran statis menggambarkan tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Manajer dikatakan efektif apabila ia mampu mencapai atau melebihi target unit yang telah ditetapkan. Misalkan perusahaan menargetkan manajer bagian produksi untuk memproduksi sebanyak 1.000 unit, sedangkan aktualnya 1.500 unit, artinya manajer mampu memanfaatkan kapasitas menganggur semaksimal mungkin karena dengan prediksi kapasitas yang sama, tingkat produksi melebihi yang direncanakan.

Anggaran statis kurang tepat untuk digunakan sebagai alat penilaian kinerja seorang manajer karena anggaran statis akan membandingkan kos aktual yang terjadi dengan kos yang dianggarkan pada level aktivitas yang tidak sama. Akibatnya penilaian kinerja menjadi tidak adil serta menimbulkan peluang kesengajaan dari sisi manajer untuk tidak mengeksekusi tindakannya sesuai dengan telah ditetapkan oleh perusahaan.


Sumber:

Janiez. 2018. “Penganggaran”. [link] http://myekonotes.blogspot.com/2018/11/penganggaran.html. Diakses pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 11.06 WIB.
Kamus Tokopedia. 2020. “Anggaran Fleksible”. [link] https://kamus.tokopedia.com/a/anggaran-fleksible/. Diakses pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 11.06 WIB.
Narsa, I Made. 2019. “Akuntansi Manajemen”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Wadiyo. 2020. “Pengertian Anggaran Fleksibel, Bentuk dan Cara Membuatnya”. [link] https://manajemenkeuangan.net/pengertian-anggaran-fleksibel/. Diakses pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 11.06 WIB.

1 komentar:

  1. terimakasih kak, artikel ini sangat membantu sekali

    BalasHapus

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...