Sabtu, 18 Juli 2020

Pengertian dan Tujuan Perencanaan Penjualan


1.     Tujuan perencanaan penjualan ?

Pengertian Perencanaan Penjualan
Perencanaan penjualan adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah pada strategi penjualan dimana tujuan utamanya, mencapai tujuan penjualan sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran.
Perencanaan penjualan dengan peramalan sering membingungkan. Meskipun berkaitan keduanya mempunyai perbedaan tujuan yang jelas. Ramalan (forecast) bukan merupakan rencana melainkan suatu pernyataan atau penaksiran terukur dari keadaan di masa yang akan datang tentang pokok tertentu, misal pendapatan penjualan berdasarkan satu atau lebih asumsi yang jelas. Ramalan harus selalu menyatakan asumsi yang mendasarinya. Ramalan harus dipandang sebagai salah satu masukan dalam pembuatan rencana penjualan. Manajemen perusahaan mungkin menerima, memodifikasi, atau mungkin menolak ramalan tersebut.
Ramalan penjualan diubah menjadi rencana penjualan saat manajemen dapat mempertahankan pertimbangan manajemen, strategi yang direncanakan, komitmen dari sumber-sumber daya, dan komitmen manajerial terhadap tindakan agresif untuk mencapai tujuan penjualan. Sebaliknya ramalan penjualan merupakan fungsi staf teknis. Contohnya “Tennessee Gas Tranmision dalam brosurnya tahun 1986” menyatakan bahwa “ perencanaan dan analisis pasar- sebagai seorang analisis dalam departemen ini. Anda akan mempersiapkan penggunaan alat computer yang canggih, ramalan 6 samapai 18 bulan berdasarkan informasi dan tren pasar terakhir, menjalankan riset pasar gas berdasarkan analisis ekonomis dan kompetisi, dam membuat laporan yang mendalam untuk perwakilan nasional dan negara bagian dan manajemen senior TGT”.

Proses perencanaan penjualan merupakan bagian yang penting bagi perusahaan karena (a) menyediakan dasar bagi keputusan manajemen tentang pemasaran, dan (b) berdasarkan keputusan tersebut merupakan pendekatan terorganisir untuk pembuatan rencana penjualan yang menyeluruh. Suatu rencana penjualan yang lengkap terpadu mencangkup dua rencana terpisah, tapi berkaitan rencana penjualan strategis dan taktis. Rencana penjualan yang menyeluruh memasukkan keputusan manajemen seperti tujuan, sasaran, strategi, dan kepentingan-kepentingan. Ini diwujudkan dalam keputusan perencanaan tentang volume (unit dan pekerjaan) dari barang atau jasa, harga, promosi, dan usaha penjualan yang direncankan.

Tujuan utama rencana penjualan adalah:
a.      Untuk mengurangi ketidakpastian tentang pendapatan dimasa datang.
b.     Untuk memasukkan kebijakan dan keputusan manajemen kedalam proses perencanaan (misal rencana pemasaran)
c.      Untuk memberikan informasi penting bagi pembentukan elemen lain dari rencana laba yang menyeluruh, 
d.     Untuk memudahkan pengendalian manajemen atas kegiatan penjualan yang dilakukan
e.      Sebagai dasar penugasan bagi individu yang bertanggung jawab atas rencana penjualan


Sumber:
Maxmanroe. 2020. “ Perencanaan Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara Menyusunnya”. [link] https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/rencana-pemasaran.html. Diakses pada tanggal 23 April 2020 pukul 22.00 WIB.
Sodikin, Slamet Sugiri dan Arief Zuliyanto Susilo. 2019. “Penganggaran”. Tangerang Selatan: Universitas Tebuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...