Kamis, 30 Juli 2020

Perbedaan dari Laporan Keuangan dengan Laporan Manajemen dari Segi Manfaat

1.     Jelaskan perbedaan dari laporan keuangan dengan laporan manajemen dari segi manfaat? 

Laporan keuangan bermanfaat untuk mengontrol kegiatan operasional jika dirasa ada pemborosan saat pemakaian sumber daya perusahaan sehingga laba atau pemasukan perusahaan tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh pihak manajemen.

a.      Tujuan laporan keuangan adalah menghasilkan laporan keuangan yang menggambarkan kondisi dan performa perusahaan pada periode tertentu. Membantu pihak external untuk membuat keputusan terkait ekonomi dan investasi sehingga dapat dilakukan evaluasikinerja manajemen dalam menjalankan bisnis

b.     Laporan keuangan digunakan untuk menyajikan informasi keuangan perusahaan bagi pengguna yang berada diluar perusahaan (pihak external) dan tidak digunakan untuk mengambil keputusan tentang perusahaan.

c.      Laporan dari laporan keuangan menyajikan informasi keuangan mengenai perusahaan seara keseluruhan.

d.     Laporan keuangan menghasilkan laporan keuangan yang kurang flexibel serta hanya bisa mencakup rentang jangka waktu tertentu. Misalnya periode satu tahun.

e.      Laporan Keuangan fokus pada informasi masa lalu dengan memberikan gambaran pertanggungjawaban manajemen perusahaan atas pengelolaan dana perusahaan.

f.      Laporan keuangan hanya mengukur mengenai keuangan saja dan berpedoman pada Standar Keuangan Akuntansi (SAK) yang berlaku.

g.     Sifat informmasi laporan keuangan membutuhkan tingkat ketetapa yang tinggi, obyektif, bisa diuji kebenarannya serta akurat

Laporan manajemen bersifat lebih spesifik yang bisa digunakan untuk melakukan analisis secara lebih mendalam. Laporan manajemen juga bisa mengindijadikan adanya masalah pada salah satu tim, departement atau proyek sehingga pihak pimpinan atau manajemen perusahaan bisa segera membuat kebijakan atau keputusan untuk menyelesaikan permasalah tersebut secepatnya. 

a.      Tujuan Laporan manajemen adalah untuk menghasilkan laporan lebih spesifik dan detail, mengindentifikasi masalah yang timbul serta menyelesaikan masalah tersebut. Laporan menejemen bermanfaat bagi pihak internal perusahaan karena berisi informasi terkini dan akan datang dari perusahaan seperti pengangaran, evaluasi kerja, optimalisasi operasional dan sebagainya.

b.     Laporan manajemen memberikan informasi yang bertujuan untuk melaporkan hanya pada suatu bagian  yang ada dalam perusahaan. Misalnya bagian pemasaran, bagian produksi dan sabagainya.

c.      Laporan manajemen memiliki rentang waktu yang jauh lebih fleksibel dengan keuangan, misalnya harian, mingguan. 

d.     Laporan manajemen cenderung berorientasi kepada masa yang akan datang.

e.      Laporan manajemen tidak memilii batasan pada prinsip akuntansi. Selama prinsip-prinsip yang digunakan itu memberikan manfaat bagi manajemen, baik dalam hal pengukuran  dan perhitungan, maka hal tersebut masih wajar diterapkan.

f.      Sifat informasi pada laporan manajemen harus mampu membantu manajemen da;am pengambilam keputusan, baik keputusan  perencanaan , pengornansasian,  pengarahan serta pengendalian. Tidak hanya mengandalkan satu disiplin ilmu akuntansi tetapi juga mengambil disiplin ilmu yang lain seperti disiplin ilmu manajemen. Hasil dari laporan akhir manajemen bersifat tertutup dan tidak dipublish kepad pihak luar perusahaan.

Secara garis besar, laporan manajemen dari segi tujuan/manfaat bisa dikelompokkan menjadi 3 kelompok:

a.     Laporan perencanaan

Laporan perencanaan berkaitan dengan program-program yang bersifat antisipatif untuk operasi atau kondisi keuangan masa yang akan datang.

b.     Laporan pengawasan

Laporan pengendalian berisi data yang dapat digunakan manajemen untuk mengadakan pengendalian terhadap implementasi perencanaan sebagaimana tertuang dalam laporan perencanaan.

c.      Laporan informasi

Dalam laporan informasi dicari sumber-sumber penyebab penyimpangan dan alternatif solusinya, termasuk rekomendasi.

 

Tabel Perbedaan Antara Laporan Keuangan dan Laporan Manajemen

 

Laporan Keuangan

Laporan Manajemen

Pemakai Utama

Manajer puncak dan pihak luar perusahaan

Manajer berbagai jenjang organisasi perusahaan

Lingkup Informasi

Perusahaan secara keseluruhan

Bagian perusahaan

Fokus Informasi

Orientasi masa lalu

Orientasi masa yang akan dating

Kriteria bagi informasi

Dibatasi PABU

Tidak ada Batasan

Disiplin sumber

Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi dan psikologi social

Sifat Informasi

Ketepatan Informasi

Unsur taksiran besar

Rentang waktu

Kurang fleksibel, tahunan, semesteran, triwulanan

Fleksibel, harian, mingguan

 

 

Sumber:

Amalia, Dina. 2017. “7 Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen”. [link] https://www.jurnal.id/id/blog/2017-7-perbedaan-akuntansi-keuangan-dan-akuntansi-manajemen/. Diakses pada tanggal 23 Mei 2020 pukul 00.35 WIB.

Ayu, Retno. 2019. “Perbedaan antara Laporan Keuangan dan Laporan Manajemen”. [link] https://cpssoft.com/blog/akuntansi/perbedaan-antara-laporan-keuangan-dan-laporan-manajemen/. Diakses pada tanggal 23 Mei 2020 pukul 00.35 WIB.

Narsa, I Made. 2019. “Akuntansi Manajemen Edisi 3”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...