Senin, 20 Juli 2020

Pengertian Biaya standar (kos standar)


Biaya standar (kos standar) adalah biaya yang ditentukan dimuka, yang merupakan jumlah biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk membuat satu satuan produk atau untuk membiayai kegiatan tertentu, dibawah asumsi kondisi ekonomi, efi-siensi dan faktor-faktor lain tertentu. Sistem biaya standar merupakan suatu sistem akuntansi biaya yang mengolah informasi biaya sedemikian rupa sehingga manajemen dapat mendeteksi kegiatan- kegiatan dalam perusahaan yang biayanya menyimpang dari biaya standar yang ditentukan. Sistem akuntansi biaya ini mencatat biaya yang seharusnya dikeluar-kan dari biaya yang sesungguhnya terjadi, dan menyajikan perbandingan antara biaya standar dan biaya sesungguhnya serta menyajikan analisis penyimpangan biaya sesungguhnya dari biaya standar.




Sumber:
Freddy, Daulat. 2012. “Biaya Standar Dalam Menetapkan Produksi”. [link] https://www.esaunggul.ac.id/biaya-standar-dalam-menetapkan-produksi/. Diakses pada tanggal 16 Mei 2020 pukul 22.05 WIB.
Narsa, I Made. 2019. “Akuntansi Manajemen”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...