Sabtu, 18 Juli 2020

Pengertian Biaya Penyimpanan, Biaya Pemesanan, dan Hubungan antara Biaya Penyimpanan Dan Biaya Pemesanan


1.     Jelaskan apa itu biaya penyimpanan, biaya pemesanan dan jelaskan hubungan antara biaya penyimpanan dan biaya pemesanan !

Jawab:
Pengertian Biaya Penyimpanan, Biaya Pemesanan, dan Hubungan antara Biaya Penyimpanan Dan Biaya Pemesanan
§  Biaya Penyimpanan
Biaya penyimpanan berkaitan dengan kepemilikan barang secara fisik dalam persediaan. Biaya dalam hal ini meliputi bunga, asuransi, pajak, penyusutan, keusangan, kerusakan,dan biaya dalam pengundangan (misalnya suhu, kelembaban, cahaya, sewa, dan keamanan). Selain itu dalam hal ini juga muncul opportunity cost yang berkaitan dengan keuangan yang dapat digunakan untuk kepentingan lain diluar untuk persediaan. Biaya penyimpanan sering dinyatakan dalam dua bentuk. Pertama sebagai persentase harga per unit. Kedua biasanya dinyatakan  dalam jumlah uang tertentu per unit.

§  Biaya Pemesanan
Biaya pemesanan adalah biaya yang timbul karena adanya pemesanan dan pengiriman persediaan. Selainbiaya pengiriman, yang termasuk biaya pemesanan adalah biaya penyiapan faktur, biaya pemeriksaan saat barang diterima baik pemeriksaan kualitas maupun kuantitas, serta biaya pemindahan barang ke tempat penyimpanan. Biaya pemesanan biasanya dinyatakan dalam suatu jumlah tetap tertentu per pemesanan, dan tidak tergantung berapa banyaknya pesanan.

§  Hubungan antara Biaya Penyimpanan Dan Biaya Pemesanan
Biaya penyimpanan dan biaya pemesanan memiliki hubungan yang sangat erat. Keduanya sangat menekankan pada biaya agar lebih optimal. Metode yang paling sering digunakan dalam menentukan jumlah kuantitas pesanan pada Manajemen Persediaan adalah Metode Economic Order Quantiy (EOQ).

Sumber:
BMP / Manajemen Rantai Pasokan/ EKMA4371/ Modul 4
Satria, Ase. 2016.  “Metode Pengendalian Persediaan Dengan Jumlah Pemesanan Ekonomis atau Economic Order Quantity (EOQ)”. [link] https://www.materibelajar.id/2016/05/metode-pengendalian-persediaan-dengan.html. Diakses pada tanggal 19 April 2020 pukul 17.33 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...