Sabtu, 18 Juli 2020

Pengertian Angka Pengganda dan Cara Mendapatkan Angka Pengganda


Berikan komentar Anda tentang pengertian angka pengganda, bagaimana cara mendapatkan angka pengganda tersebut dan bagaimana angka pengganda itu bekerja jika terjadi peningkatan investasi dan pengeluaran pemerintah.

Jawab:

·       Pengertian Angka Pengganda
Angka Pengganda merupakan angka yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana terjadinya perubahan output dalam jangka pendek. Ketika terjadi kenaikan tingkat investasi, dampak langsung yang akan teramati pada PDB adalah terjadinya peningkatan PDB sejumlah yang sama dengan peningkatan investasi yang terjadi.

·       Cara Mendapatkan Angka Pengganda
Cara mendapatkan angka pengganda dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: 
1.     Angka Pengganda investasi
Apabila investasi dibawah dari sebesar I pertahun menjadi sebesar ( I + ∆I ) pertahun, akan mengakibatkan pendapatan nasional equilibrium berubah dari semula Y pertahun menjadi sebesar ( Y + ∆Y ) pertahun
Rumusnya : 
Y = Co + bTr - bTx + 1 + G
1 - b

2.     Angka pengganda konsumsi 
Angka pengganda konsumsi yang dapat kita persoalkan disini yaitu multiplier daripada nilai ‘Co’ sajalah yang dapat kita jumpai hubungannya yang tetap dengan perubahan tingkat pendapatan nasional equilibrium yang diakibatkan oleh adanya perubahan nilai ‘Co’ tersebut, sedangkan hubungan antara perubahan nilai ‘b’ dengan perubanahan pendapatan nasional yang diakibatkan sifatnya tidak pasti, sebab sangat tergantung krpada besarnya jumlah pengeluaran konsumsi pada tingkat pendapatan sebesar nol (Co), besarnya invesatasi, besarnya konsumsi pemerintah, besarnya transfer pemerintah dan besarnya pajak.
Rumusnya : 

KC = Y = 1
Co = 1 – b

3.     Angka pengganda pengeluaran konsumsi pemerintah 
Oleh karena ‘government expenditure’ biasa juga disebuut ‘goverment purchase’ maka angka pengganda pengeluaran biasa juga disebut ‘goverment purchase mulitiplier’.
Rumusnya :

Angka pengganda pengeluaran konsumsi pemerintah

KG = Y / G = 1/ 1- b

Angka pengganda transfer pemerintah 

KTr = Y / Tr = b / 1 – b


4.     Angka pengganda pajak
Angka pengganda pajak mempunyai tanda negative dengan negatifnya angka pengganda pajak berarti bertambahnya jumlah pajak yang dipungut oleh pemerintah akan mengakibatkan menurunnya tingkat pendapatan nasional equilibrium begitu pula sebaliknya. Negatifnya angka pengganda pajak dapat kita uraikan sebagai berikut: Tx naik -> Yd turun ( pada tingkat pendapatan nasional yg sama) -> C turun -> Y turun Sebaliknya Tx turun -> Yd naik (pada tingkat pendapatan nasional yang sama) -> C naik -> Y naik diikuti oleh pengeluaran konsumsi, demikian seterusnya saampai dicapai pendapatan nasional equilibrium yang baru.
Rumusnya : 
KTx = Y / Tx = - b / 1 – b


5.     Angka pengganda anggaran belanja yang seimbang 
Dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu, dalam memperbesar pengeluaran onsumsi pemerintah, pemerintah mungkin perlu menggunakan cara membelanjai tambahan ‘goverment expenditure’ tersebut dengan memperbesar hasil pungutan pajak. Angka pengganda anggaran belanja yang seimbang besarnya lebih dari nol, ini mempunyai arti bahwa bertambahnya pengeluaran konsumsi pemerintah yang dibarengi bertambahnya pajak dengan jumlah yang sama akan mengakibatkan, meningkatnya tingkat pendapatan nasional, begitu pula sebaliknya.


Y = Co + bTr - bTx + 1 + G
1 - b



Sumber: ESPA411/MODUL4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...