Kamis, 30 Juli 2020

Keunggulan dan Kelemahan Sistem Desentralisasi

1.     Jelaskan secara singkat keunggulan dan kelemahan dari desentralisasi 

Keunggulan dan Kelemahan Sistem Desentralisasi

Desentralisasi adalah pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang-orang yang berada pada level bawah dalam suatu struktur organisasi. Pada saat sekarang ini banyak perusahaan atau organisasi yang memilih serta menerapkan sistem desentralisasi karena dapat memperbaiki serta meningkatkan efektifitas dan produktifitas suatu organisasi.

Secara umum hampir semua perusahaan diorganisasi sepanjang garis pertanggung jawaban, pimpinan pusat dapat mengambil kewenangan untuk mengambil keputusan atau bisa juga melimpahkan sebagian kewenangannya tersebut. ketika atasannya melakukan wewenang maka akan ada tanggung jawab dari bawahan yang menerima limpahan wewenang, secara tradisional menggambarkan aliran tanggung jawab mulai dari CEO melalui vice president ke manajer level menengah sampai menejer level rendah.

A.    Keunggulan Desentralisasi

a.      Kemudahan dalam memperoleh dan memanfaatkan infomasi lokal, Manajer level bawah memiliki informasi yang lebih rinci, akurat dan aktual.

b.     Manajemen pusat terbebaskan dari persoalan rutinitas yang menyita waktu/pikiran. Manajer pusat bisa fokus memikirkan masalah-masalah strategis jangka panjang,

c.      Memberikan kesempatan dan kepercayaan pada manajer bawah.

d.     Memberikan tanggungjawab dan kewenangan lebih luas tapi terkendali pada lower manajer. Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan manajer adalah dengan memberi kesempatan untuk mengambil keputusan-keputusan signifikan pada level yang lebih rendah sebelum mengambil keputusan pada jabatan yang lebih tinggi.

 

B.    Kelemahan Desentralisasi.

a.      Manajer bawah mungkin kurang memahami kondisi menyeluruh tentang organisasi

b.     Pada organisasi terdesentrakisasi murni, sangat mungkin terdapat situasi kurangnya koordinasi.

c.      Manajer bawah mungkin memiliki tujuan yang agak berbeda dibanding tujuan perusahan secara keseluruhan.

d.     Dalam organisasi terdesentralisasi murni, mungkin relatuf lebih sulit untuk menyebarkan informasi dan gagasan yang bersifat inovatif

Sumber:

Murid.co.id. 2019. “Kelebihan dan Kekurangan Desentralisasi”.  [link] https://www.murid.co.id/kelebihan-dan-kekurangan-desentralisasi/. Diakses pada tanggal 23 Mei 2020 pukul 00.20 WIB.

Narsa, I Made. 2019. “Akuntansi Manajemen Edisi 3”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...