Sabtu, 18 Juli 2020

Pengertian Laba, Target Laba, dan macamnya


Pengertian Laba, Target Laba, dan macamnya

Laba atau keuntungan merupakan tujuan atau target utama perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Pencapaian target kaba merupakan salah satu ukuran keberhasilan perusahaan dalam menjalankan kegiatannya dan sekaligus ukuran kinerja pihak manajemen di masa yang akan datang.
Salah satu cara objektif yang dapat menggambarkan kondisi perusahan dan kemudian dilakukan evaluasi tersebut yaitu melalui hasil pencapaian target keuntungan/laba yang berasal dari laporan laba/rugi. Hasil pencapain target keuntungan pada tiap periode akuntansi harus dianalisa berdasarkan variabel yang menyusunnya. Terdapat beberapa variabel dalam perhitungan laba/rugi seperti Omset (Penjualan), Biaya/Beban Usaha, Pembelian Barang, Stok Barang, reture penjualan, dan reture pembelian dan lainnya.

Target laba adalah sasaran keuntungan yang ingin dicapai oleh manajemen pada periode tertentu. Penentuan target laba merupakan bagian penting pengelola perusahaan agar termotivasi untuk bekerja secara maksimal dalam mengelola sumber daya yang dimilikinya. Pencapaian target akan menjadi ukuran dalam menentukan posisi jabatan atau karier pihak manajemen di masa depatan.

Terdapat tiga macam target laba, yaitu :
Target laba ditetapkan dalam jumlah tertentu
Target laba ditetapkan dalam jumlah persentase tertentu dari pendapatan;
Target laba ditetapkan dalam jumlah tertentu setelah diperhitungkan pajaknya.

Agar bisa berkembang dan bertahan perusahaan tentunya berharap untuk mendapat laba, oleh karena itu target laba diperlukan.  Implikasi target laba pada dunia usaha adalah dengan adanya target laba maka perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai sasaran atau target yang sudah ditentukan, keuntungan didapat demi kelangsungan hidup perusahaan terjaga.


Referensi:
Ardra. 2017. “Faktor yang Mempengaruhi Laba Kotor”. [link] https://ardra.biz/ekonomi/ekonomi-akuntansi/faktor-mempengaruhi-laba-kotor/. Diakses pada tanggal 21 April 2020 pukul 07.00 WIB.
BMP EKMA4314 Modul 4
Yesri, Yuna. 2017. “Empat Cara Tepat Mendapatkan Keuntungan”. [link] https://dailysocial.id/post/empat-cara-tepat-mendapatkan-keuntungan. Diakses pada tanggal 21 April 2020 pukul 07.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...