Kamis, 30 Juli 2020

Kunci Penting dalam Laporan Kinerja Kualitas

1.     Jelaskan secara singkat kunci penting dalam laporan kinerja kualitas terdiri dari?

Kinerja (performance) adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan/program/kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, misi dan visi organisasi yang tertuang dalam strategic planning suatu organisasi. Sedangkan pengukuran kinerja (performance measurement) adalah suatu proses penilaian kemajuan pekerjaan terhadap tujuan dan sasaran yang telah ditentukan sebelumnya.

Terdapat beberapa kunci penting dalam laporan kinerja kualitas, berikut diantaranya:

a.      Memilih standar kualitas. Titik fokusnya adalah keseimbangan antara kos pengendalian dan kos kegagalan.

b.     Menguantifikasi standar kualitas. Kualitas dapat dihitung dengan kosnya, artinya jika kualitas terbaik adalah 100% sementara kos kualitas mencapai 40% maka berarti tingkat kualitas produk sama dengan 60%. Kualitas ini sangat erat kaitannya dengan perilaku kos berikut.

1)     Untuk kos kualitas variabel, peningkatan kualitas mencerminkan penurunan rasio kos variabel.

2)     Selisih kos awal dengan akhir mencerminkan penghematan kos.

3)     Untuk kos kualitas tetap, peningkatan kualitas dicerminkan oleh adanya perubahan nilai uang.

c.      Standar fisik. Standar fisik yang bisa digunakan sebagai indikator kualitas produk atau jasa yang dihasilkan sebagai berikut.

1)     Jumlah unit yang cacat.

2)     Persentase kegagalan eksternal.

3)     Kesalahan dalam proses penagihan (Billing errors).

4)     Kesalahan-kesalahan dalam proses kontrak (Contract errors).

5)     Ukuran-ukuran fisik lainnya.

d.     Penggunaan standar interim. Standar zero deffect adalah jangka panjang. Oleh karena itu, perlu adanya standar tahunan (interim basis) yang mencerminkan tingkat kualitas yang dicapai pada tahun yang bersangkutan.

Membandingkan sistem ukuran kinerja dengan panel instrument pada dashboard memberikan wawasan penting mengenai bauran dari ukuran keuangan dan nonkeuangan yang diperlukan dalam suatu sistem pengendalian manajemen: satu ukuran tidak dapat mengendalikan sistem yang kompleks, dan terlalu banyak ukuran penting membuat sistem tersebut menjadi terlalu kompleks.

 

Sumber:

Data Kata. 2014. “Sistem Pengendalian Manajemen – Ukuran Kinerja”. [link] https://datakata.wordpress.com/2014/03/30/sistem-pengendalian-manajemen-ukuran-kinerja/. Diakses pada tanggal 23 Mei 2020 pukul 00.30 WIB.

Mahsun, Mohammad. 2011. “Konsep Dasar Pengukuran Kinerja”. [link] http://mohmahsun.blogspot.com/2011/04/konsep-dasar-pengukuran-kinerja.html. Diakses pada tanggal 23 Mei 2020 pukul 00.20 WIB.

Narsa, I Made. 2019. “Akuntansi Manajemen Edisi 3”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...