Kamis, 30 Juli 2020

Identitas Sponsor Proyek dan Hal Yang Perlu Dianalisis

1.     Apa saja yang perlu dianalisis dari segi yuridis untuk mengetahui identitas sponsor proyek? Jelaskan!

Analisis aspek yuridis dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah bisnis yang akan dijalankan dapat memenuhi ketentuan hukum dan perizinan di suatu wilayah.

Berikut adalah hal yang perlu dianalisis dari segi yuridis untuk mengetahui indentitas sponsor proyek:

a.      Kewarganegaraan sponsor proyek perlu diketahui. Hal itu berhubungan dengan peraturan pribumisasi dalam pendirian suatu perusahaan. Kemungkinan kewarganegaraan Sponsor Proyek adalah WNI atau WNA. Jika WNI, Pribumi atau Nonpribumi.

b.     Informasi Bank perlu diketahui. Hal itu berhubungan dengan apakah mereka (pelaksana proyek) juga debitor Bank Lain atau dengan kata lain apakah mereka telah mendapatkan pinjaman (kredit atau sejenisnya) dari Bank lain. Jika dari informasi Bank telah didapatkan keterangan bahwa Sponsok Proyek adalah debitur Bank lain maka hal-hal yang perlu diteliti lebih lanjut adalah berapa jumlah pinjaman, apakah pembayaran angsurannya lancar, macet, atau bahkan terlibat cek kosong, bagaimana jaminannya, berapa nilai jaminannya.

c.      Keterlibatan dalam gugatan atau tuntutan perlu diteliti ketidakterlibatan pelaksanaan proyek dalam suatu tindakan yang dapat menimbulkan gugatan atau tuntutan

d.     Hubungan keluarga  jika terdapat hubungan suami-istri sebagai individu-individu yang terlibat dalam proyek, perlu diteliti bagaimana mereka menikah, apakah terdapat perjanjian pisah harta atau tidak. Jika hubungan individu-individu yang terlibat dalam proyek terdapat hubungan orang tua dan anak maka perlu diketahui masalah perwalian dan pembagian atau penolakan warisan.

e.      Debitor pihak ketiga atau bukan ; perlu diketahui apakah para pelaksanaan proyek juga merupakan debitor dari pihak ketiga

 

Kesimpulan:

Evaluasi terhadap aspek yuridis sangat diperlukan. Bagi pemilik proyek, evaluasi ini berguna antara lain untuk kelangsungan hidup proyek serta dalam rangka menyakinkan para kreditor dan investor bahwa proyek yang akan dibuat tidak menyimpang dari aturan yang berlaku. Seperti diketahui, dalam suatu proyek dimana bergabung banyak pihak yang berkepentingan dapat saja terjadi pelanggaran-pelanggaran terhadap kewajiban masing-masing pihak sehingga penegakan aturan menjadi penting dilaksanakan

Aspek yuridis dalam studi kelayakan bisnis sangat diperlukan bagi calon kreditor yang akan memberikan bantuan pinjaman. Aspek ini juga penting bagi calon investor yang ingin menanamkan modalnya di dalam sebuah bisnis.

Bagi pemilik bisnis, tujuan melakukan analisis yuridis adalah untuk meyakinkan kepada calon pemberi atau investor bahwa bisnisnya tidak menyimpang dari hukum dan peraturan yang berlaku.

 

Sumber:

Novita, Mahdini. 2017. “MAKALAH “Aspek Yuridis”(SKB)”. [link] https://mahdininovita.wordpress.com/2017/01/11/makalah-aspek-yuridisskb/. Diakses pada tanggal 09 Mei 2020 pukul 01.25 WIB.

Wuragil, Sarno. 2020. “Aspek Yuridis dalam Studi Kelayakan Bisnis”. [link] https://www.sarno.id/2020/04/aspek-yuridis-dalam-studi-kelayakan-bisnis/. Diakses pada tanggal 09 Mei 2020 pukul 01.25 WIB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...