Senin, 20 Juli 2020

Faktor Persediaan Bahan Baku


1.     Sebutkan dan jelaskan jumlah 3 faktor persediaan bahan baku !

Faktor Persediaan Bahan Baku 

a.      Kebiasaan pemasok, yang lebih ditekankan pada kemampuan pemasok dalam mengirim barang.Jika pemasok selalu dapat memenuhi kebutuhan bahan baku, maka angka persediaan yang harus dimiliki dapat dikurangi, namun jika datangnya pasokan dari pemasok sulit dipastikan, sebaiknya manajer menetapkan jumlah persediaan pada angka yang lebih tinggi. Persediaan pengaman atau safety stock adalah suatu persediaan yang dicadangankan atau sebagai pengaman dari kelangsungan proses produksi perusahaan. Persediaan pengaman dibutuhkan karena dalam kenyataannya jumlah bahan baku yang diperlukan untuk proses produksi tidak selalu tepat seperti yang direncanakan.
b.     Jumlah bahan baku yang dibeli tiap pemesanan, jika bahan baku yang dibeli dalam jumlah besar,maka kemungkinan terjadinya kekurangan bahan baku dalam kegiatan produksi lebih rendah (jika gudang memadai). Biaya-biaya untuk menyelenggarakan persediaan bahan baku sudah selayaknya diperhitungkan didalam penentuan besarnya persediaan bahan baku.
c.      Akurasi perhitungan kebutuhan bahan baku, manajer yang dapat menghitung konsumsi bahan baku secara akurat, dapat menurunkan jumlah persediaan yang perlu dimiliki. Perhitungan yang tidak tepat meningkatkan risiko terganggunya pasokan bahan baku ke bagian produksi,sehingga perlu meningkatkan jumlah bahan baku yang harus dimiliki,yang secara langsung akan berdampak pada tingginya titik reorder point. Pemesanan kembali atau reorder point adalah waktu atau saat tertentu dimana perusahaan harus mengadakan pemesanan bahan baku kembali, sehingga datangnya pemesanan tersebut tepat dengan habisnya bahan baku yang dibeli. Hal ini khususnya menggunakan metode economic order quantity (EOQ).

Selain ketiga faktor tersebut, terdapat dua faktor lainnya, yaitu:

d.     Anggaran Persediaan Bahan Baku, setiap perusahaan memiliki kebijakan untuk menentukan jumlah persediaannya. Pada dasarnya kebijakan tentang penentuan arus harga pokok persediaan bahan baku, yang dapat dikelompokan menjadi : Identifikasi khusus, Masuk pertama keluar pertama, masuk terakhir keluar pertama, average ( atau moving average)
e.      Anggaran Biaya bahan baku, jumlah bahan baku yang akan digunakan untuk produksi harus dinyatakan dalam satuan moneter untuk dapat disebut anggaran biaya bahan baku.


Sumber:
Materi Pelajar. 2017. “#8 Faktor Persediaan Bahan Baku Menurut Ahli”. [link] https://www.materipelajar.com/2017/08/faktor-persediaan-bahan-baku.html. Diakses pada tanggal 05 Mei 2020 pukul 16.50 WIB.
Sodikin, Slamet Sugiri dan Arief Zuliyanto Susilo. 2019. “Penganggaran”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...