Senin, 20 Juli 2020

Pengertian Basis Data


1.     Jelaskan yang dimaksud basis data?
Jawab:

Pengertian Basis Data

Basis data (datebase) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras komputer, dan digunakan perangkat lunak untuk memanippulasinya. Basis data merupakan salah satu komponan penting dalam sistem informasi karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi pemakainya. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data untuk diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit. Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna basis data (database user) untuk memelihara, mengontrol dan juga mengakses data secara praktis dan efisien. Database mempunyai 8 operasi dasar diantaranya adalah Create database, Drop database, create table, Drop table, Insert,  Read, Update dan Delete.

Terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi pada file basis data agar dapat memenuhi kriteria sebagai suatu basis data, yaitu:
a.     Kerangkapan data, yaitu munculnya data-data yang sama secara berulang-ulang pada file basis data,
b.     Inkonsistensi data, yaitu munculnya data yang tidak konsisten pada field yang sama untuk beberapa file dengan kunci yang sama,
c.      Data terisolasi, disebabkan oleh pemakaian beberapa file basis data. Program aplikasi tidak dapat mengakses file tertentu dalam sistem basis data tersebut, kecuali program aplikasi dirubah atau ditambah sehingga seolah-olah ada file yang terpisah atau terisolasi terhadap file yang lain,
d.     Keamanan data, berhubungan dengan masalah keamanan data dalam sistem basis data. Pada prinsipnya file basis data hanya boleh digunakan oleh pemakai tertentu yang mempunya wewenang untuk mengakses,
e.      Integrasi data, berhubungan dengan unjuk kerja sistem agar dapat melakukan kendali atau kontrol pada semua bagian sistem sehingga sistem selalu beroperasi dalam pengendalian penuh.
Sistem basis data (database system) adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam macam dalam suatu organisasi.


Sumber:

Jogiyanto. 2019. “Sistem Informasi Manajemen Edisi 3”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Satria, Reynando Yoga. 2017. “Apa yang dimaksud dengan basis data”. [link] https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-basis-data/13091. Diakses pada tanggal 04 Mei 2020 pukul 22.22 WIB.
Termas Media. 2020. “Pengertian Database”. [link] https://www.termasmedia.com/lainnya/software/69-pengertian-database.html. Diakses pada tanggal 04 Mei 2020 pukul 22.22 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...