Kamis, 17 Januari 2019

Perbedaan dimensi kualitas dalam perusahaan manufaktur dan jasa dalam dimensi sistem SDM

  • Jelaskan perbedaan dimensi kualitas dalam perusahaan manufaktur dan jasa dalam dimensi sistem SDM !
1. Perusahaan Manufaktur
a. Keahlian berorientasi tugas, kerja tim, keahlian teknik, dan nilai - nilai kualitas.
b. Hard topics, yaitu akuntansi, perancangan, statistik.
c. Dukungan infrastruktur sebagai sumber yang di butuhkan dan bantuan teknik, peningkatan otonomi dan tanggung jawab yang menekankan shop-floor workers.
d. Gugus kendali mutu, tim perbaikan kualitas, brainstorming.

2. Perusahaan Jasa
a. Komitmen dan kepemimpinan visioner dari manajemen puncak.
b. Keahlian interpersonal, kerja tim, nilai - nilai kualitas .
c. Soft topics yaitu keahlian berkomunikasi, hubungan interpersonal, kerja tim, perilaku karyawan dan pelayanan pelanggan.
d. Penyediaan kekuasaan, informasi, penghargaan, pengetahuan, perlindungan karyawan selama pemberian pelayanan pelanggan, menekankan pada hubungan personil.
e. Gugas kendali mutu, tim perbaikan kualitas, brainstorming yang menekankan pada keterlibatan karyawan dalam organisasi jasa.

Sumber: Ariani, Dorothea Wahyu . (2011), Manajemen Kualitas, Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...