Kamis, 17 Januari 2019

Perbedaan antara manajer dan pemimpin dalam hal fungsional, manajerial

  • Jelaskan perbedaan  antara manajer dan pemimpin dalam hal fungsional, manajerial, !
    Hartanto dalam Ariani, Dorothea Wahyu (2014, 5.6) mengumpulkan beberapa perbadaan antara manajer dan pemimpin antara lain menurut: perbedaan fungsional; perbedaan perilaku manajerial; perbedaan minat; perbedaan dalam membangun pengaruh, dan perbedaan dalam pola pikir. Perbedaan antara manajer dan pemimpin dalam hal fungsional dan perilaku manajerial dapat dilihat sebagai berikut:
  • Perbedaan Fungsional:
  • Seorang manager perencanaannya bersifat rutin dan terbatas pada bidang tugasnya; sedangkan seorang pemimpin perencanaannya bersifat luas dan menjangkau jauh ke masa depan.
  • Seorang manager mengatur penempatan staf untuk mengisi lowongan dalam struktur organisasi; sedangkan seorang pemimpin menemukan dan mengembangkan telenta profesional dalam rangka pembangunan institusi.
  • Seorang manager menugaskan apa yang harus dikerjakan bawahan; sedangkan seorang pemimpin menjelaskan apa yang perlu dicapai.
  • Seorang manager mengendalikan pekerjaan agar mereka mengerjakan apa yang ditugaskan sesuai peraturan yang berlaku; sedangkan seorang pemimpin memberi kebebasan kepada pengikut untuk mencari cara yang terbaik untuk mencapai tujuan secara bertanggung jawab.

  • Perbedaan Perilaku Managerial:
  • Seorang manager bekerja dalam batas-batas ruang lingkup tanggung jawabnya dan memenuhi peraturan dan ketentuian yang berlaku; sedangkan seorang pemimpin lebih tertarik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang lebih besar dan merealisasikan tanggung jawab sosial.
  • Seorang manager lebih tertarik untuk mengerjakan tugas dengan baik sesuai dengan cara-cara yang sudah ditetapkan; sedangkan seorang pemimpin memusatkan perhatian pada pelaksanaan tugas yang benar, memilih apa yang perlu dikerjakan, dan mengapa hal itu perlu dikerjakan.

Sumber: Ariani, Dorothea Wahyu . (2011), Manajemen Kualitas, Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...