Kamis, 17 Januari 2019

Penerapan studi kasus transportasi online dalam dimensi kualitas menurut Garvin



Berikan penerapannya  studi kasus transportasi online dalam dimensi kualitas menurut Garvin!
Garvin (1987) menyatakan bahwa kualitas berkenaan dengan beberapa pendekatan yaitu: product based, used based, manufacture base, dan value base. Perusahaan transportasi online merupakan industri yang bergerak dalam bidang jasa. Menurut Garvin (1987) konsep kualitas pada industri jasa  terdiri dari communication, credibility, security, knowing the customer, tangibles, realibility, responsiveness, competence, access, dan courtesy.
Salah satu dimensi kualitas yang dikemukakan Gavin (1987) adalah communication. Communication dalam dimensi industri jasa memiliki arti memberikan informasi kepada pelanggan dalam bahasa yang mereka pahami, serta selalu mendengarkan saran dan keluhan pelanggan. Komunikasi antara pelanggan dan penyedia jasa transportasi online dalam membuat pesanan digunakanlah aplikasi. Aplikasi ini membantu pelanggan untuk mencari penyedia jasa transportasi online terdekat, sehingga pelanggan pun semakin mudah menemukan penyedia jasa transportasi online dengan cepat. Selain itu, dengan aplikasi transportasi online juga pelanggan dapat memberikan kritik dan saran demi peningkatan kualitas transportasi online tersebut. Jika dibandingkan dengan penyedia jasa transportasi komersial (non online), jasa transportasi online jauh lebih unggul dalam dimensi communication. Hal ini menjadi salah satu alasan banyak pelanggan yang beralih dari pengguna jasa transportasi komersial (non online) menjadi pengguna jasa transportasi online.
Sumber:
Ariani,  Dorothea  Wahyu . (2011), Manajemen Kualitas,   Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...