Kamis, 17 Januari 2019

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Jelaskan Apa itu Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial ? 

  • Jelaskan Apa itu Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial ? 
Berdasarkan pendapat dari Boone and Curtz (2002) etika bisnis merupakan standar perilaku dan nilai-nilai moral yang mengontrol tindakan serta keputusan pelaku bisnis. Sejalan dengan itu, Bertens (2000) mengemukakan bahwa etika bisnis adalah pemikiran atau refleksi tentang moralitas dalam ekonomi dan bisnis. Sehingga dapat disimpulkan, etika bisnis merupakan prinsip dan standar yang menentukan perilaku dalam organisasi bisnis. Untuk dapat diterapkan, organisasi menetapkan kode etik yang berlaku umum dalam organisasi tersebut. Kode etik ini merupakan cata untuk memromosikan perilaku etis dalam organisasi. Ada tiga jenis etika dalam organisasi dan pengelolaannya, yaitu etika organisasi, etika manajemen, dan etika bisnis. Etika bisnis dapat membangun kepercayaan di antara individu dan dalam hubungan bisnis. Penyusunan kepercayaan dan keyakinan tersebut sangat sulit dicapai oleh organisasi yang mempunyai reputasi yang tidak etis.
 
Tanggung jawab sosial merupakan keseluruhan cara yang dilakukan bisnis dalam usaha menyeimbangkan komitmen terhadap kelompok yang relevan dan individu dalam lingkungan sosialnya. Tanggung jawab sosial menunjukkan tanggung jawab organisasi sebagai entitas korporasi kepada masyarakat secara luas. Tanggung jawab sosial ini meliputi tanggung jawab sosial pada pelanggan, karyawan, investor, kreditur, dan pada lingkungan. Menurit Ferrel et al. (2011), terdapat empat dimensi tanggung jawab sosial, diantaranya alah dimensi ekonomi, hukum, etika, dan sukarela. Tanggung jawab sosial juga terkait dengan budaya organisasional. Budaya organisasi merupakan sistem nilai dan norma yang dianut oleh semua personel dalam perusahaan. Tanggung jawab sosial akan berhasil bila tanggung jawab sosial tersebut merupakan bagian dari budaya organisasi.
 
Sumber:
Ariani, D. W. 2014. Pengantar Bisnis 2n ed. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...