Senin, 31 Desember 2018

Review Video "Human Planet Rivers Friend and Foe”


Video yang dalam bahasa indonesia berarti “Sungai bisa menjadi teman dan musuh dalam kehidupan manusia” memiliki makna yang sangat mendalam. Manusia jelas tidak dapat terlepas dari peran sungai, karena sungai merupakan sumber air tawar terbesar yang ada di bumi dan paling mudah untuk dijangkau. Video tersebut menampilkan sudut pandang yang tidak biasa dan menjelaskan secara nyata akan pentingnya sungai bagi kehidupan manusia. 
Dalam scene 1 ditampilkan seorang kepala keluarga yang berbica bahasa Thailand, berjuang untuk menyambung asa demi kehidupan keluarganya. Dia tidak bisa terlepas dari sungai, karena baginya sungai adalah segalanya. Terlihat, perjuangannya  yang luar biasa dalam mengais rezeki di sungai yang berarus deras. Dia rela melewati ngarai satu ke ngarai lainnya hanya dengan menggunakan seutas tali besi yang diameternya sangat kecil dan dibawahnya terdapat arus sungai yang mengalir dengan derasnya. Jika Dia terpeleset sedikit saja, maka sungai pun akan merenggut nyawanya.  Memang sungai memberikan Dia dan keluarganya kehidupan, namun sungai juga bisa merenggut kehidupan darinya.
Selanjutnya di scene 2 ditampilkan sebuah keluarga yang tinggal di pegunungan tibet yang berselimut es. Dalam keluarga tersebut terdapat kakak-beradik yang berjuang untuk menempuh pendidikan. Banyak sekali halang rintang yang Mereka hadapi untuk mencapai sekolahnya yang terletak di sisi lain gunung. Dengan diantarkan Bapaknya, mereka harus sangat berhati-hati melewati halang rintang yang bisa kapan saja merenggut nyawa semua dari mereka. Mereka berjalan di atas sungai yang membeku dengan sangat hati-hati, karena jika saja kaki salah menapak, maka mereka semua akan mati kedinginan. Bukan hanya itu saja, tebing yang mereka lewati bisa kapan saja mengalami longsor, dan jika terjadi longsor maka mereka akan tertimbun dalam es dan mati seketika karena Hyphotermia.
Dalam sudut dunia yang berbeda, terdapat orang yang menggantungkan sepenuh hidupnya dengan sungai, walaupun demikian sungai dapat menjadi teman ataupun musuh bagi kehidupan manusia. Tergantung bagaimana kita memanfaatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...