Jumat, 14 September 2018

Uji Iodin Untuk Menentukan Polisakarida pada Karbohidrat

Untuk menentukan polisakarida pada molekul karbohidrat dilakukan uji iodin. Pati yang berikatan dengan (I2) akan menghasilkan warna biru. Sifat ini dapat digunakan untuk menganalisis adanya pati. Hal ini disebabkan oleh struktur molekul iodin, poliakarida akan membentuk reaksi dengan iodin dan memberikan warna spesifik tergantung jenis karbohidratnya (Winarno, 2004 dalam Septorini 2008).   Penambahan iodium pada suatu polisakarida akan menyababkan terbentuknya kompleks adsorpsi berwarna spesifik. Warna biru yang dihasilkan diperkirakan adalah hasil dari ikatan kompleks antara amilum dengan iodin. Di dalam amilum sendiri terdiri dari dua macam amilum yaitu amilosa yang tidak larut dalam air dingin dan amilopektin yang larut dalam air dingin. Ketika amilum dilarutkan dalam air, amilosa akan membentuk micelles dengan struktur helix yaitu molekul-molekul yang bergerombol dan tidak kasat mata karena hanya pada tingkat molekuler.Micelles ini dapat mengikat I2 yang terkandung dalam reagen iodium dan memberikan warna biru khas pada larutan yang diuji (Tika, 2016).




Sumber:
Septorini, Ragil. 2008. “Perbedaan Kadar Glukosa Pada Onggok yang Dihidrolisis denganAsam Klorida, Asam Sulfat, dan Asam Oksalat.” Program Studi DIII Analisis Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang.
Tika, I Nyoman dan Pradnyatika. “Isolasi Karbohidrat dari Tepung Beras”. Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNDIKSHA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...