Jumat, 14 September 2018

Uji Fehling Untuk Menentukan Gugus Aldehid pada Karbohidrat

Untuk menentukan gugus aldehid pada molekul karbohidrat dilakukan uji fehling. Aldehid merupakan senyawa karbon yang mengandung gugus karbonil yang mengikat satu atau dua atom hidrogen (Haq, 2015). .Uji Fehling digunakan untuk menunjukan adanya gugus aldehid karena Aldehid dapat bereaksi dengan pereaksi Fehling menghasilkan endapan Cu2O yang berwarna merah bata. Pada praktikum ini digunakan dua larutan fehling yang berbeda, larutan fehling A dibuat dengan melarutkan kristal Cu (II) sulfat ke dalam air yang mengandung beberapa tetes asam sulfat encer dan larutan Fehling B dibuat dengan melarutkan NaOH dan natrium kalium tartarat (garam Rochelle) ke dalam air. Pereaksi Fehling digunakan dengan mencampurkan Fehling A dan B dengan volume yang sama. Jika terdapat gugus aldehid pada cuplikan maka warna biru dari pereaksi Fehling akan hilang dan endapan merah bata atau kuning dari Cu2O akan terbentuk (Suja, 2002 dalam Tika, 2016).


Sumber:
Tika, I Nyoman dan Pradnyatika. “Isolasi Karbohidrat dari Tepung Beras”. Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNDIKSHA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...