Jumat, 14 September 2018

Definisi Spektrofotometer

Spektrofotometer  sesuai dengan namanya adalah alat yang terdiri dari spektrometer dan fotometer. Spektrometer ialah menghasilkan sinar dari spektrum dan panjang gelombang tertentu, sedangkan fotometer adalah alat pengukur intensitas cahaya yang ditransmisikan atau yang diabsorpsi. Spektrofotometer umum digunakan karena kemampuannya dalam menganalisa begitu banyak senyawa kimia serta kepraktisannya dalam hal preparasi sampel apabila dibandingkan dengan beberapa metode analisa (Herliani, 2008 dalam infolabmed, 2016). Cara kerja alat spektrofotometer UV-Vis yaitu sinar dari sumber radiasi diteruskanmenuju monokromator, Cahaya dari monokromator diarahkan terpisah melalui sampel dengan sebuah cermin berotasi, Detektor menerima cahaya dari sampel secara bergantian secara berulang – ulang, Sinyal listrik dari detektor diproses, diubah ke digital dan dilihat hasilnya, perhitungan dilakukan dengan komputer yang sudah terprogram (infolabmed, 2016)



Sumber:
Infolabmed. 2016. “Spektrofotometer: Instrumen di Laboratorium Medis.”. [online]
http://www.infolabmed.com/2016/08/spektrofotometer-instrumen-di.html. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2017 pukul    05.29   WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...