Jumat, 14 September 2018

Perbedaan Antara Klorofil A dan Klorofil B

Terdapat dua jenis klorofil yaitu klorofil a dan klorofil b, yang membedakan kedua jenis klorofil ini adalah adanya gugus aldehid pada struktur klorofil b yang menyebabkan klorofil b ini bersifat sedikit lebih polar dibandingkan klorofil a (Koirewoa, 2008). Rumus molekul klorofil-a adalah C55H72N4O5Mg dan Rumus empiris dari klorofil-b adalah C55H70N4O6Mg.  Perbedaan kecil dalam struktur dari dua klorofil menghasilkan perbedaan dalam penyerapan spektrum, biru-hijau untuk klorofil-a dan kuning-hijau untuk klorofil-b. Posisi penyerapan maksimum bervariasi sesuai dengan pelarut yang digunakan (Arrohmah, 2007).



sumber:
Arrohmah.”Studi Karakteristik klorofil pada Daun Sebagai Material    Photodetectir Organic”. 2007. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Koirewoa, Yohanes Adithya, Fatimawali, dan Weny Indayany Wiyono. 2008. “Isolasi Dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Dalam Daun Beluntas (Pluchea indica L.)”. Program Studi Farmasi FMIPA Unstrat Manado.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...