Senin, 20 Juli 2020

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi


Berikut adalah, Pengertian Pertumbuhan Ekonomi 
Pertumbuhan ekonomi adalah keadaan ekonomi suatu negara selama periode tertentu yang mana lebih baik atau meningkat dari periode sebelumnya berdasarkan beberapa indikator. Indikator tersebut adalah kenaikan pendapatan nasional dan pendapatan per-kapita, jumlah tenaga kerja yang lebih besar dari pengangguran, serta berkurangnya tingkat kemiskinan. Jika kondisi dari indikator-indikator tersebut menurun dibanding periode sebelumnya, maka negara tersebut bukannya mengalami pertumbuhan ekonomi namun justru kemunduran ekonomi. Teori pertumbuhan ekonomi menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi atau menentukan pertumbuhan ekonomi dan prosesnya dalam jangka panjang, penjelasan mengenai bagaimana faktor-faktor itu berinteraksi satu dengan yang lainya, sehingga dapat menimbulkan terjadinya proses pertumbuhan.
Pengertian lain dari pertumbuhan ekonomi adalah, pertumbuhan ekonomi merupakan kenaikan yang terjadi dalam jangka waktu panjang, dengan kemampuan suatu negara dalam menyediakan banyaknya jenis barang ekonomi kepada penduduk, kemampuan ini tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologinyan dan penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang dibutuhkan.



Sumber:
Dharmakarja, Igma. 2018. “Seri Ekonomi Makro – Teori Pertumbuhan Ekonomi”. [link] https://klc.kemenkeu.go.id/seri-ekonomi-makro-teori-pertumbuhan-ekonomi/. Diakses pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 22.21 WIB.
Harmadi, Sonny Harry. 2019. “Pengantar Ekonomi Makro”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sakina, Rakhma. 2018. “Ekonomi Indonesia 2017 Tumbuh 5,07 Persen, Tertinggi Sejak Tahun 2014”. [link] https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/05/113820026/ekonomi-indonesia-2017-tumbuh-507-persen-tertinggi-sejak-tahun-2014. Diakses pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 22.21 WIB.
Simulasi Kredit. 2019. “Pertumbuhan Ekonomi, Pengertian dan Pengukurannya”. [link] https://www.simulasikredit.com/pertumbuhan-ekonomi-pengertian-dan-pengukurannya/. Diakses pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 22.21 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...