Sabtu, 18 Juli 2020

Biaya - biaya yang termasuk dalam investasi aktiva tetap berwujud


1.     Biaya biaya apa saja yang termasuk dalam investasi aktiva tetap berwujud!

Jawab:

Aktiva Tetap merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan dalam bentuk siap pakai atau dibangun terlebih dahulu, yang tidak dimaksudkan untuk kegiatan operasional usaha perusahaan serta memiliki masa ekonomis lebih dari satu tahun. Aktiva tetap merupakan investasi di suatu perusahaan untuk meningkatkan produktifitas dan memberikan harapan baik bagi perusahaa untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa yang akan datang. Aktiva tetap dibagi menjadi 2 jenis yaitu aktiva tetap berwujud, & aktiva tidak berwujud.

Aktiva tetap berwujud adalah aktiva yang memiliki bentuk fisik dan bersifat relatif permanen, seperti:

a.      Tanah, yang diatasnya didirikan bangunan atau digunakan operasi, misalnya sebagai lapangan, halaman, tempat parker dan lain sebagainya.
b.     Bangunan dan sarana penunjang, fasilitas yang digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan, baik bangunan kantor, toko maupun bangunan untuk pabrik.
c.      Mesin-mesin dan peralatan kantor, mencakup aset yang digunakan dalam kegiatan operasional seperti furniture kantor, mesin pabrik, dan lain sebagainya.
  1. Kendaraan, fasilitas yang digunakan untuk transportasi perusahaan.
Biaya-biaya yang termasuk dalam investasi aktiva tetap berwujud antara lain biaya pajak, biaya pemeliharaan, biaya penyusutan atau depresisasi dan segala macam biaya untuk mendapatkan aktiva tetap berwujud seperti
a.     Biaya angkut                           c. Biaya balik nama                 e. Biaya perantara
b.     Biaya kirim                             d. Biaya Pemasangan                          
Biaya-biaya tersebut digunakan untuk menghitung harga perolehan aktiva tetap. Aktiva tetap berwujud diperoleh dari beberapa cara yaitu bisa dengan pembelian tunai, pembelian kredit, hadiah atau donasi, hasil penukaran dengan surat berharga atau dengan aktiva lainnya, serta diperoleh dari hasil buatan sendiri.
Contoh: Apabila suatu perusahaan ingin membeli  satu petak tanah maka akan keluar biaya seperti biaya perataan tanah, biaya notaris, dan biaya perantara.

Sumber:
Utami, Novia Widya. 2020. “Aktiva Tetap: Pengertian, Jenis dan Cara Memperolehnya”. [link] https://www.jurnal.id/id/blog/aktiva-tetap-pengertian-jenis-dan-cara-memperolehnya/. Diakses pada tanggal 20 April 2020 pukul 18.06 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...