Kamis, 17 Januari 2019

Pengertian bisnis, organisasi bisnis dan lingkungan bisnis

Pengertian Bisnis, organisasi bisnis dan lingkungan bisnis ?
Berikan Tanggapan anda yang disertai dengan teori yang ada di modul, data dan fakta akan sangat menentukan besar kecil nya hasil penilaian yang akan anda peroleh. Tanggapan bersifat narasi.


  • Pengertian Bisnis
Berdasarkan pengertiannya, bisnis merupakan kegiatan untuk menghasilkan sesuatu, baik barang maupun layanan atau jasa (Ebert & Griffin, 2009). Bisnis dapat pula berarti individu atau organisasi yang mencoba mendapatkan keuntungan dengan menyediakan produk yang memuaskan kebutuhan orang lain (Ferrell et al., 2011).

  • Organisasi Bisnis
Organisasi bisnis adalah kumpulan orang, atau kegiatan untuk mencapai tujuan dibentuknya tujuan bisnis Perusahaan, pasar swalayan, rumah sakit, konsultan, pasar tradisional, dan sebagainya, semuanya merupakan organisasi bisnis.

  • Lingkungan Bisnis 
Berdasarkan pernyataan Karinov (2018), lingkungan bisnis dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang mempengaruhi sebuah aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor ini dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu faktor dari dalam perusahaan (internal) serta faktor di luar perusahaan (eksternal). Secara sederhana faktor dari lingkungan internal antara lain resource (sumber daya/bahan baku, capability (kapabilitas perusahaan), dan core competences (keahlian utama perusahaan). Selain itu, lingkungan eksternal bisnis antara lainThreat of new Entries (ancaman produk serupa),Threat of Subtitute products (ancaman produk pengganti), Bargaining Power of Customers (daya tawar dari pelanggan), Bargaining Power of Suppliers (daya tawar dari suplier), dan Intensity of Competitive Rivalry (menjawab tantangan pesaing bisnis).
Selain dari pendapat Karinov (2018), Ariani (2014) menyatakan bahwa bisnis masa depan tetap harus memerhatikan lingkungannya, diantaranya adalah lingkungan sosial, lingkungan industri, lingkungan ekonomi, dan lingkungan global. Hal ini diperlukan agar bisnis tersebut dapat terus bertahan disamping persaingan bisnis yang semakin ketat.

Sumber:
Ariani, D. W. (2014). Pengantar Bisnis (2nd ed). Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.
KARINOV. (2018, Maret 18). Analisis Lingkungan Bisnis dan Contohnya. Retrieved October 6,2018, from https://karinov.co.id/analisis-contoh-lingkungan-bisnis/.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...