Kamis, 17 Januari 2019

Memotivasi Karyawan Untuk Menghasilkan Produk Berkualitas


Jelaskan Bagaimana Memotivasi Karyawan Untuk Menghasilkan Produk Berkualitas.
 Motivasi merupakan seperangkat kekuatan yang menyebabkan orang mau melakukan sesuatu dengan cara tertentu ( Ebert dan  Griffin,2009 ). Satu orang karyawan dapat termotivasi untuk bekerja keras menghasilkan sesuatu sebanyak mungkin ,namun orang lain hanya termotivasi untuk mengerjakan sesuatu secukupnya saja. Manajer harus memahami perbedaan tersebut. Dalam hubungan antar manusia di tempat kerja,  ada tiga jenis teori motivasi yaitu : teori klasik,dan manajemen ilmiah , teori keperilakuan awal dan teori motivasi kontemporer. Peneliti David Nedler dan Edward Lawler mengubah teori Vroom dan mengusulkan bahwa para manajer sebaiknya mengikuti 5 langkah untuk meningkatkan kinerja karyawan yaitu:
  1. Menentukan penghargaan yang dihargai oleh karyawan.
  2. Menentukan standar kinerja yang diinginkan oleh setiap karyawan.
  3. Memastikan bahwa standar kinerja dapat dicapai.
  4. Menjamin penghargaan terikat dengan kinerja.
  5. Yakin bahwa pernghargaan dianggap memadai.
Dalam menjalankannya teori kepuasan, seorang manager harus memperhatikan seorang karyawan menurut beberapa kebutuhan. Diantaranya yaitu kebutuhan fisioligis, dalam hal ini manager memotivasi dengan memberikan fasilitas berupa tempat tinggal, pakaian/seragam dan juga makanan yang bergizi. Kemudian dilanjutkan dengan memperhatikan kebutuhan keamanan, sosial, kebutuhan akan prestasi dan aktualisasi diri. 

Sumber:
Ariani, D. W. 2014. Pengantar Bisnis 2n ed. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...