Kamis, 17 Januari 2019

3 perspektif audit kualitas

Jelaskan 3 perspektif audit kualitas!
Terdapat tiga perspektif audit kualitas, diantaranya:
  1. First party audit atau audit internal atau self audit dilakukan oleh orang yang di tugaskan yang ada dalam organisasi untuk memeriksa apakah elemen sistem kualitas, prosedur atau intruksi kerja memenuhi perencanaan yang disusun dan menentukan keefektifan sistem. Dalam first party audit manajemen bersama dengan auditor kualitas harus menentukan manakah elemen sistem kualitas, prosedur, atau intruksi kerja yang diaudit, dan kapan audit dilaksanakan. Dalam kenyataannya, lingkup audit, dan harus di putuskan secara bersama - sama oleh auditor dan yang di audit.
  2. Second party audit atau audit eksternal merupakan audit yang dilakukan oleh atau atas nama organisasi pembeli, termasuk pembeli produk atau jasa oleh satu organisasi atau perusahaan lain dalam kelompok yang sama, seperti anak cabang korporasi yang sama.
  3. Third party atau audit ekstrinsik, merupakan audit yang dilakukan oleh badan sertifikasi independen atau organisasi yang hampir sama. Meskipun ketiga tipe audit ini berbeda namun tujuan di lakukannya dan metode dasar proses audit adalah sama.
Sumber: Ariani, Dorothea Wahyu . (2011), Manajemen Kualitas, Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...