Senin, 31 Desember 2018

Transkripsi dan Translasi DNA


Untaian tunggal DNA digunakan sebagai template untuk sintesis RNA.`Dalam translasi, urutan nukleotida dalam RNA diubah menjadi urutan asam amino dalam polipeptida. Konversi dilakukan dengan  kode genetik. asam amino spesifik merupakan hasil konversi triplet yang dinamakan kodon. molekul RNA yang dikonversi di ribosom disebut mRNA.
Pada proses transkripsi satu untai DNA digunakan sebagai acuan dari sintesis pembuatan untai RNA. Misal dalam DNA terdapat urutan basa berupa AAA, maka dalam proses transkripsi akan dihasilkan urutan RNA yang mengacu pada DNA sehingga dihasilkan urutan RNA UUU.
Pada proses translasi urutan RNA yang sudah ada diubah menjadi asam amino. Dimana setiap 3 RNA yang terbentuk menghasilkan suatu kode genetik yang disebut kodon. Kodon inilah yang nantinya dikonversikan menjadi asam amino, dan setiap kodon yang berbeda akan menghasilkan asam amino yang berbeda pula. Misal dalam RNA terdapat kodon berupa UUU yang pada proses translasi kodon UUU ini akan dikonversikan menjadi asam amino Phenylalanine (Phe).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...