Jumat, 14 September 2018

Alasan Timbulnya Warna Berbeda Pada Daun Tumbuhan

Warna pada tanaman disebabkan oleh pigmen yang dikandungnya pada tilakoid yang terdapat di dalam stroma. Pigmen dalam daun dibagi menjadi tiga, yaitu klorofil, karotenoid dan antosianin. Klorofil merupakan komponen kloroplas yang utama dan kandungan klorofil relatif berkorelasi positif dengan laju fotosintesis (Li et al., 2006 dalam Ai, 2012). Klorofil disintesis di daun dan berperan untuk menangkap cahaya matahari yang jumlahnya berbeda untuk tiap spesies. Sintesis klorofil dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti cahaya, gula atau karbohidrat, air, temperatur, faktor genetik, unsur-unsur hara seperti N, Mg, Fe, Mn, Cu, Zn, S dan O (Hendriyani dan Setiari, 2009 dalam Ai, 2012). Karoten adalah pigmen yang menyebabkan warna jingga, sedangkan xantofil adalah pigmen yang menyebabkan warna kuning. Karotenoid mampu melindungi tumbuhan terhadap solarisasi dengan  cara menyerap kelebihan energi cahaya dan kemudian dilepas sebagai bahang.Antosianin adalah pigmen yang larut dalam air yang menyebabkan warna merah, ungu, dan biru serta banyak ditemukan pada buah dan bunga (Ai, 2012). Antosianin merupakan zat warna yang bersifat polar dan akan larut dengan baik pada pelarut pelarut polar. Faktor fakor yang mempengaruhi kestabilan antosianin non enzimatik adalah pengaruh dari pH, suhu, dan juga cahaya (Maulid dan Laily, 2015).


Sumber:
Ai, Nio Song. 2012. “Evolusi Fotosintesis Pada Tumbuhan”. Program Studi Biologi FMIPA, Universitas Sam Ratulangi.
Maulid, Rendy Rohmatul dan Ainun   Nikmati Laily. 2015. “Kadar Total Pigmen Klorofil dan Senyawa Antosianin Ekstrak Kastuba (Euphorbia pulcherrima) Berdasarkan Umur Daun”. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...