Senin, 20 Juli 2020

Cara Manajer Untuk Mengurangi Ketidakpastian Permintaan


Cara manajer untuk mengurangi ketidakpastian permintaan dijelaskan sebagai berikut:
a.      Memperbaiki peramalan. Dengan menggunakan pengetahuan tentang pasar yang lebih baik dan bekerja sama untuk mengurangi ketidakpastian permintaan.
b.     Meningkatkan kecepatan tanggapan. Dengan mengurangi lead time maka kelipatan pesanan dapat ditempatkan pada musim penjualan.
c.      Melakukan penundaan untuk produk yang beraneka ragam sampai lebih dekat dengan titik penjualan. Penundaan memberikan rantai pasokan kesempatan untuk menyesuaikan persediaan dengan permintaan.
d.     Mengkombinasikan dua sumber pasokan (tailored sourcing). Satu berfokus pada biaya tetapi tidak mampu menangani ketidakpastian dengan baik, dan yang lain berfokus pada fleksibilitas untuk menangani ketidakpastian, tetapi dengan biaya yang lebih tinggi.




Sumber :
Guritno, Adi Djoko dan Meirani Harsasi. 2019. “Manajemen Rantai Pasokan”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.



Rusmiani, Lina Ana. 2012. “Tugas Makalah Supply Chain Management “Penentuan Tingkat Persediaan Produk Optimal”. [link] http://blog.ub.ac.id/lilaana/2012/06/18/tugas-makalah-supply-chain-management-penentuan-tingkat-persediaan-produk-optimal/. Diakses pada tanggal 09 Mei 2020 pukul 19.03 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...