Senin, 20 Juli 2020

Alasan Proyek Bisnis Perlu Mempertimbangkan Dampak Positif dan Dampak Negatif Kegiatannnya Terhadap Lingkungan


1.     Mengapa suatu proyek bisnis perlu mempertimbangkan dampak positif dan dampak negatif kegiatannnya terhadap lingkungannya!

Untuk menghindari kerusakan lingkungan akibat suatu proyek bisnis maka perlu mempertimbangkan dampak positif dan dampak negatif kegiatannnya terhadap lingkungannya. dengan mengetahui dampak positif dan dampak negative suatu proyek terhadap lingkungan diharapkan agar proyek tersebut dapat memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam secara efisien dan meminimumkan dampak terhadap lingkungan. Dampak negatif yang mungkin  timbul harus sudah diketahui sebelumnya (dengan AMDAL), di samping itu AMDAL juga membahas cara-cara untuk menanggulangi atau mengurangi dampak negatif. Agar supaya jumlah masyarakat yang dapat ikut merasakan hasil pembangunan meningkat, maka dampak positif perlu dikembangkan di dalam AMDAL.

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan adalah hasil studi mengenai dampak penting suatu usaha atau kegiatan yang direncanakan terhadap lingkungan hidup, yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan. Tidak semua rencana usaha/kegiatan membutuhkan AMDAL, hanya proyek-proyek yang berskala besar, memiliki kegiatan yang kompleks, dan dapat mempengaruhi daerah sensitif/ kawasan lindung. AMDAL suatu proyek bukanlah suatu proyek yang berdiri sendiri, tetapi merupakan bagian proses AMDAL yang lebih besar dan lebih penting, menyeluruh dan utuh dari perusahaan dan lingkungannya sehingga AMDAL dapat dipakai dalam rangka pengelolaan dan pemantauan proyek dan lingkungannya dengan menggunakan dokumen yang benar.


Sumber:

Yuliati, Sri Handaru dan Tamjuddin. 2019. “Studi Kelayakan Bisnis”. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
The Gorbalsla. 2020. “AMDAL : Pengertian, Contoh, Tujuan, Manfaat, Prosedur (Lengkap)”. [link] https://thegorbalsla.com/pengertian-amdal/. Diakses pada tanggal 05 Mei 2020 pukul 15.05 WIB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...