Senin, 15 Juli 2019

Cerita Pengalaman Seru Wisata Arung Jeram Cikadongdong River Tubing - Pilihan Liburan Menantang di Jawa Barat

River Tubing di Sungai Cikadongdong, Majalengka

Pernah dengar Cikadongdong river tubing? Hm, Jika teman-teman belum pernah mendengar sebelumnya, berarti kita sama. Singkat cerita, seorang teman kerja saya dengan antusias mengajak kami untuk melakukan liburan singkat yang menantang. Saat itu juga kami melakukan pencarian objek wisata terdekat  melalui search engine Google. Muncullah berbagai pilihan, dan akhirnya diputuskanlah daerah Cikadongdong sebagai next destination kami untuk berlibur.

Gerbang Menuju Cikadongdong River Tubing yang Berbatasan Langsung dengan Jalan Utama, Wisatawan tidak dipungut biaya masuk

Secara geografis, daerah Cikadongdong masuk ke dalam wilayah Kabupaten Majalengka. Letaknya kurang lebih 45 menit perjalanan dari alun-alun pusat kota itu sendiri. Infrastruktur jalan menuju letak objek wisata ini sudah sangat bagus, setiap jalan yang kami lewati sudah beraspal. Jalannya pun cukup untuk dilalui dua mobil, dan tidak menjadi hambatan jika kedua mobil tersebut berpapasan. Sudah menjadi wajar jika jalan yang dilalui di daerah pegunungan menanjak dan berkelok, begitu pun jalan yang dilalui menuju objek wisata ini. Selama perjalanan, kami disuguhkan dengan indahnya kanan-kiri pemandangan dan menariknya di setiap perjalanan kami jarang menemukan lapak-lapak kumuh. Bahkan rumah-rumah warga di pinggir jalan pun terlihat sangat rapih dan bersih. Sebuah poin plus untuk sebuah daerah objek wisata.

Lokasi Parkir Motor Wisata Cikadongdong River Tubing

Setelah perjalanan yang sangat mengagumkan, akhirnya kami tiba di objek wisata “Cikadongdong River Tubing”.  Kesan pertama ketika sampai di tempat tujuan adalah “rapih dan tidak kumuh”. Untuk masuk objek wisatanya kami tidak dikenakan biaya, karena letak objek wisata ini langsung berada di samping jalan utama. Untuk biaya parkirnya, kami dikenakan Rp. 5.000/motor, cukup terjangkau. Untuk biaya parkir mobil, saya kurang tau. Lapangan parkir yang tersedia cukup luas dan mampu menampung kurang lebih 20 mobil.


Warung-Warung yang Tersusun Rapih di Samping Jalan Utama

Wisata Cikadongdong River Tubing yang Dipadati Wisatawan 

Loket Pendaftaran River Tubing di Sungai Cikadongdong

Satu hari sebelumnya saya sudah melakukan booking dengan menghubungi narasumber yang tercantum di Instagram @cikadongdong_rivertubing melalui WA messenger. Setelah sampai di lokasi, kami pun kemudian langsung menuju loket pendaftaran, dan nama kelompok kami pun sudah tercantum di daftar booking tersebut. Fyi, river tubing di Cikadongdong ini menawarkan dua pilihan jarak, yaitu 350 m dan 1000 m, namun lokasi start kedua pilihan jarak tersebut berada di tempat yang berbeda. Kami mendaftar rafting yang berjarak 350 m dan kami membayar sebesar Rp. 35.000/orang. Pihak wisata pun menawarkan jasa “dokumentasi” sebesar Rp. 15.000/kelompok (*Saya sangat menyarankan teman-teman untuk mengambil jasa ini, karena ini worth it sekali, dokumentasi yg diambil banyak dan dalam bentuk soft file dengan ekstensi Jpeg).

Groufie Sedetik Menikmati Jernihnya Sungai Cikadongdong Sambil Menunggu Giiran 

Setelah konfirmasi dan melakukan pembayaran, kami pun kemudian mendapatkan nomor antrian (Fyi, kami datang pada saat weekdays, dan itu pun ramai). Namun jangan khawatir bosan saat menunggu, karena terdapat warung-warung yang tersusun rapih berjejer menawarkan berbagai pilihan makanan yang menggugah selera.

Warming up Sebelum Memulai River Tubing

Hampir dua jam menunggu dan akhirnya tiba giliran kami. Sebelum memulai rafting, kami diberikan pengarahan dari instruktur tentang cara yang baik dan benar saat berada di ban rafting. Setelah itu, instruktur memimpin setiap pengunjung untuk melakukan peregangan tubuh. Kemudian, kami langsung mengenakan safety devices berupa pelindung lutut, tangan, pelampung, dan helm pengaman. Lalu, kami langsung diarahkan untuk menuju lokasi start rafting yang menanjak.

Groufie Setelah Safety Devices Terpasang dengan Benar 
Bersiap Memulai Kegiatan River Tubing


Lima-puluh meter awal kami rafting secara individu, dan 300 meter selanjutnya dilakukan dengan kelompok (± 6 orang). Diawal memang menegangkan, namun ketika sudah mencoba akhirnya SERU SEKALI! Arus sungai Cikadongdong memang dikenal deras, dan hal itulah yang membuat sensasi rafting menjadi semakin SERU! Untuk teman-teman pembaca, saya menyarankan Anda untung langsung mencoba rafting dengan jarak 1000 m dan saya jamin Anda pasti bakal candu untuk melakukan rafting ini. Hehe.

River Tubing yang Luar-Biasa Seru

Air Jernih, Arus Kencang, Paduan Sempurna Untuk Menghilangkan Penat

Finding My Zen Beside The Famous Cikadongdong River

Kamar Bilas Cikadongdong River Tubing

Setelah rafting yang seru itu, kami langsung berenang di aliran sungai Cikadongdong yang jernih. Airnya segar seperti air gunung pada umumnya a.k.a dingin. Hehe. Tidak jauh dari lokasi rafting juga sudah sediakan kamar ganti yang layak dan tidak dipungut biaya sepeserpun. Untuk penitipan barang, loket pendaftaran menyediakan jasa penitipan yang aman dan gratis. Luar-biasa memang.

Sebagai penutup, pengalaman river tubing di sungai Cikadongdong memang luar-biasa. Selain raftingnya yang seru, daerah lokasi objek wisatanya pun rapih dan bersih. Hanya saja, mushola dan toilet yang tersedia masih belum memuaskan kami sebagai pengunjung, selebihnya semua MANTUL!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...