Jumat, 14 September 2018

Perbedaan Antara Metabolit Primer dan Sekunder pada Tumbuhan

Tanaman memiliki dua jenis senyawa metabolit, yaitu metabolit primer dan sekunder. Metabolit primer digunakan tanaman untuk pertumbuhan, sedangkan metabolit sekunder tidak berperan secara langsung untuk pertumbuhan tanaman. Metabolit sekunder diproduksi tanaman dalam jumlah tertentu pada kondisi tercekam. Contoh metabolit sekunder di antaranya adalah antibiotik, pigmen, toksin, efektor kompetisi ekologi dan simbiosis, pestisida, dan promotor pertumbuhan hewan dan tumbuhan (Nofiani, 2008 dalam Setyorini dan Yusnawan, 2016). Hal ini sejalan dengan pendapat Soesanto (2014) yang menyatakan metabolit sekunder adalah hasil metabolisme organisme atau mikroba yang dibuang karena tidak ada manfaatnya bagi kehidupan organisme atau mikroba tersebut; sedangkan hasil metabolisme yang digunakan dikenal dengan nama metabolit primer.






Sumber:
Setyorini, Sulistiya Dwi dan Eriyanto Yusnamawan. 2016. ”Peningkatan Kandungan Metabolit Sekunder Tanaman Aneka Kacang sebagai Respon Cekaman Biotik”. Jurnal Iptek Tanaman Pangan, 11(2): 167-178.
Soesanto, Lukas. 2015. “Metabolit Sekunder Agensia Pengendali Hayati: Terobosan Baru Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman Perkebunan”. Fakultas Pertanian,Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pendanaan Sumber Internal dan Eksternal Berikut Contohnya.

Dalam melakukan investasi, perusahaan seringkali membutuhkan tambahan dana yang cukup besar, baik yang bersumber dari internal, maupun ekst...